Cara menjadi kreatif


Membaca dapat meningkatkan kreatifitas
Menjadi apapun akan lebih mudah bila anda punya kreatifitas. Entah seorang penulis, desainer atau bahkan seorang engineer. Diluar sana ada jutaan ide yang menunggu untuk ditemukan. Anda mungkin telah membaca banyak buku dan punya banyak pengetahuan, tapi kreatifitas lah yang akan menyatukannya menjadi ide baru guna meyelesaikan masalah anda.


Rubah cara pandang anda dalam menghadapi masalah dan dunia dengan kreatifitas. Buat hari anda menjadi lebih berkesan dengan beberapa tips cara meningkatkan kreatifitas berikut.

1.       Membaca

Luangkan waktu untuk membaca. Membaca memberikan rangsangan terhadap otak yang dapat meningkatkan kreatifitas kita. Kita akan dipaksa untuk berimajinasi dengan buku yang kita baca.


2.      Melakukan Hal Baru

Buatlah daftar hal yang ingin kamu lakukan atau yang ingin kamu kuasai. Tidak perlu hal-hal yang besar. Contoh simpelnya kita ingin belajar mengetik dengan sepuluh jari, atau mungkin belajar memasak omlet khas jepang. Lakukan apapun yang kalian inginkan. Ketika anda melakukan hal baru neuron baru akan terbentuk di otak anda, dan akan meningkatkan kemampuan otak.


3.      Tulis pikiran anda

Kadang gagasan tiba-tiba muncul dari otak kita. Ketika gagasan muncul tidak terduga, tulis lah dalam kertas atau catatan. Kebiasaan ini akan melatih otak anda untuk terus memunculkan ide-ide baru. Jadi bawalah selalu catatan dalam bentuk apapun, bisa kertas atau elektronik. Catatan ini akan menjamin setiap ide yang muncul bisa dieksplorasi di lain waktu.


4.      Meditasi

Pikiran kita penat dengan semua beban pekerjaan tiap hari. Dengan merehatkan pikiran sejenak, pikiran akan menjadi lebih fresh. Meditasi adalah cara paling ampuh untuk merehatkan pikiran. Ide baru pun akan muncul bila pikiran kita jernih.


5.      Olahraga

Sebelumnya telah umum diketahui bahwa berjalan kaki rutin bisa mengatasi masalah kehabisan ide bagi para penulis. Baru-baru ini penelitian resmi menyatakan bahwa olahraga rutin dapat meningkatkan kreatifitas. Profesor Psikologis Kognitif, Lorenza Colzato dari Universitas Laiden, menyatakan bahwa mereka yang rutin berolahraga 4 kali dalam seminggu cenderung lebih kreatif dibanding orang yang tidak aktif.



Banyak hal memerlukan kreatifitas. Lakukan tips diatas untuk meningkatkan kreatifitas mu, karena kreatifitas akan membuat semuanya lebih mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar